Rabu, 17 Juli 2013

Jantung Berdebar

Penyebab Jantung Berdebar Setelah Makan (Palpitasi).
Jantung berdebar-debar setelah makan sering dianggap normal, dan mungkin hasil dari alergi makanan dan makan berlebihan serta kondisi yang parah dan penyakit tertentu. Artikel saat memberikan penjelasan singkat tentang kondisi ini berkaitan dengan penyebab, gejala yang menyertai dan tindakan pencegahan.


Debaran jantung tidak hanya terkait dengan penyakit jantung, tetapi juga dapat menjadi gejala dari gangguan endokrin, kecemasan, stres, anemia, gangguan ginjal, dll Demikian pula, jantung berdebar setelah makan mungkin karena alasan yang sederhana seperti makan berat atau mungkin menunjukkan adanya gangguan yang parah.

Apakah Normal Alami Palpitasi Setelah Makan?

Setelah makan, jantung perlu memompa lebih banyak darah ke perut dan daerah sekitarnya. Dengan demikian, perlu untuk menghasilkan peningkatan suplai darah ke perut, sehingga dapat membantu proses pencernaan. Hal ini penting karena seperti peningkatan aliran darah ke daerah perut, segera setelah makan, membantu pencernaan dan asimilasi makanan. Oleh karena itu, bagi sebagian orang, ini kegiatan rutin jantung bisa bermanifestasi sebagai palpitasi. Namun, tinggi terjadinya kejadian tersebut menuntut perhatian medis, dan tidak boleh dianggap sebagai normal, terutama jika disertai dengan sesak napas, pusing dan pingsan.
♦ Pusing
♦ Kelelahan
♦ Gemetar anggota badan
♦ Gelisah
♦ Nyeri dada
♦ Dada sesak
♦ Keringat berlebihan
♦ Sesak napas
♦ Kesulitan terlelap tidur

Kemungkinan Penyebab

Jantung berdebar setelah makan dapat disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk ketidakpekaan makanan, kondisi berat seperti hernia hiatus. Beberapa di antaranya adalah:
Alergi Makanan
Makanan seperti gandum, kedelai, telur, susu, ikan dan kacang-kacangan adalah pemicu umum untuk reaksi alergi. Makanan tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan sementara denyut jantung. Gejala-gejala yang menyertainya mungkin termasuk ruam kulit, pembengkakan jaringan lidah atau wajah dan pusing.
Dalam banyak orang yang, konsumsi makanan Cina diikuti oleh berdebar jantung, berkeringat, nyeri dada, sesak napas dan bahkan radang tenggorokan. Kumpulan gejala ini disebut ‘Chinese Restaurant Syndrome’. Ini telah dikaitkan dengan bahan yang disebut monosodium glutamat (MSG), yang merupakan rasa-peningkat aditif makanan yang umum digunakan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang signifikan untuk mendukung fakta bahwa MSG memang agen penyebab.
Diet tinggi lemak
Makanan yang kaya lemak, gula, dan karbohidrat lainnya, (terutama dikonsumsi setelah lama karena kelaparan) sering menyebabkan kembung lambung sementara. Ini mempengaruhi fungsi saraf vagus, yang innervates perut, jantung serta organ lainnya, dan memainkan peran penting dalam menurunkan denyut jantung. Akibatnya, orang tersebut bisa mengalami peningkatan sementara denyut jantung, yang mengarah ke berkibar di dada serta berkeringat dan dada tidak nyaman atau nyeri. Ini juga merupakan manifestasi umum pada individu yang menderita bulimia nervosa, gangguan makan yang ditandai dengan kejadian pesta-makan.
Kafein
Konsumsi berlebihan kafein adalah pemicu umum lain untuk jantung berdebar. Ini merangsang produksi epinefrin, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan denyut jantung. Sekitar 200-300 mg dianggap normal (atau sedang) untuk konsumsi sehari-hari, namun, melebihi jumlah ini dapat menyebabkan jantung berdebar sementara dan gemetar. Orang yang sensitif terhadap kafein ketat harus menghindari konsumsi produk berkafein seperti teh, kopi dan bahkan cokelat.
Alkohol
Pesta minuman keras dan sejumlah besar kejadian pesta minuman keras telah lama berhubungan dengan denyut jantung yang abnormal, dan juga diketahui menyebabkan infark miokard (serangan jantung). Alkohol mempengaruhi kemampuan kontraktil otot-otot jantung, yang menyebabkan berdebar. Tinggi frekuensi kejadian tersebut, lebih tinggi adalah risiko kerusakan jantung permanen.
Hernia hiatal
Hernia hiatus adalah suatu kondisi dimana sebagian dari perut menonjol ke dada melalui diafragma thoraks. Hal ini dapat menjadi hasil dari melemahnya otot karena usia tua, obesitas, merokok, faktor bawaan dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Hernia hiatus seperti sering menyebabkan iritasi pada saraf vagus, yang menyebabkan nyeri dada dan detak jantung pacuan. Ini dapat disertai dengan mulas, kesulitan menelan dan bernapas berat.
Anemia parah
Orang anemia parah, dengan hemoglobin yang rendah dan tingkat feritin, memiliki peningkatan risiko mengalami detak jantung yang cepat setelah makan, karena otot-otot jantung melemah. Gejala ini sering disertai dengan kelelahan, mudah melelahkan, mengantuk dan pusing.
Obesitas
Seringkali, orang gemuk, memiliki kecenderungan untuk menikmati makanan sarat dengan karbohidrat dan lemak, ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik. Selain itu, obesitas disertai dengan perubahan struktural dan fungsional dalam otot-otot jantung. Akibatnya, penderita obesitas sering mengalami detak jantung balap setelah konsumsi makanan. Hal ini disertai dengan rasa kantuk dan kelelahan. Perhatian medis yang paling diperlukan jika orang mengalami memancarkan rasa sakit di lengan kiri, karena bisa menjadi indikasi penyakit jantung.

Pengobatan dan Tindakan Pencegahan

Meskipun tidak ada pengobatan secara universal untuk kondisi ini, ada pedoman tertentu yang satu dapat mengikuti untuk mencegah masalah ini atau mengurangi frekuensi kejadian tersebut.
  1. Makan jumlah sedang makanan secara berkala adalah jauh lebih cerdas pilihan, daripada terlibat dalam makan besar aneh-waktunya. Makanan biasa dalam porsi kecil membantu untuk memberikan energi tubuh secara tepat waktu dan dengan demikian, mencegah lonjakan tiba-tiba aktivitas metabolik yang dapat menyebabkan penyimpangan dalam fungsi jantung.
  2. Menjalani tes rutin untuk tingkat hormon dan tingkat zat besi dalam tubuh, yang berguna bagi wanita. Wanita berada pada risiko tambahan menderita anemia dan penyimpangan tiroid.
  3. Membatasi asupan gula dan kopi dianjurkan, terutama untuk orang gemuk serta mereka yang menderita penyakit jantung.
  4. Berolahraga secara teratur, terutama dalam hal individu yang terlibat dalam pekerjaan menetap, berjalan jauh dalam mempertahankan gaya hidup sehat.
Jika jantung berdebar dan gejala lain memburuk seiring waktu, yang terbaik adalah untuk menjalani pemeriksaan jantung seperti yang direkomendasikan oleh dokter yang tepat. Seperti klise kedengarannya, hidup bebas stres adalah kunci untuk menikmati kesehatan yang baik, damai dan umur panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar